Mengajari Anak Bagaimana Menulis Program Komputer

Katakanlah kamu memiliki anak, dan kamu ingin membantu mereka belajar pemrograman komputer pada usia dini. Sebagai ayah dari empat anak, saya mencoba  untuk menggunakan pendekatan dari sudut yang berbeda. Apa yang saya lakukan disini adalah mengumpulkan ide dari para orang tua yang mencari pilihan yang berbeda.

Mari mulai dengan sesuatu yang penting: Setiap anak itu berbeda. Beberapa anak membaca dan menulis dengan lancar dibanding anak lainnya. Untuk mereka, belajar memprogram mungkin lebih mudah. Beberapa anak memiliki kemampuan analisa dasar lebih banyak dibandingkan lainnya (Disini adalah cerita tentang anak usia 9 tahun yang sukses membuat aplikasi untuk Iphone), dan seterusnya. Kamu mencoba untuk memamerkan pemrograman kepada anakmu dan mungkin atau mungkin juga tidak “baru mengenal pertama kali”, hanya karena hal ini berbeda. Jadi kamu menunggu beberapa bulan dan mencoba lagi, atau kamu mungkin mencoba pendekatan yang berbeda. Pahami bahwa, pertama kali kamu mengenalkannya kepada anakmu mengenai pemrograman, anak kamu mungkin “tidak tertarik” sama sekali. Dan itu tidak mengapa.

Kedua adalah kemampuan analisa yang sebenarnya sering tidak tampak sampai usia 11 atau 12 atau 13 dalam kebanyakan anak-anak, jadi mengarapkan  lebih mungkin tidak realistis.

Games

Mari mulai dengan beberapa permainan. Disini ada tiga permainan yang mana anakku sangat menyukainya. Mereka mengajarkan ide dasar penyelesaian masalah dalam tiga cara yang berbeda :

Jika kamu mencarinya di web kamu akan menemukan banyak permainan “penyelesaian masalah” seperti tiga game diatas.

Kemudian inilah permainan, yang benar benar bagus dalam mengajarkan kemampuan pemrograman sederhana:

  • Light Bot (tombol “Play” terletak di kanan bawah, dibawah iklan, setelah dimuat)

LightBot

Saya menyukai Light Bot. Ia akan menyibukkan anak selama berjam-jam, mulai dari umur 7 atau 8 tahun. Beberapa teka-teki di Light Bot terlalu sulit untuk anak-anak. Penelusuran di youtube bisa membantu.

Seorang temanku menyarankan permainan ini:

LOGO

Sesaat setelah kamu mencoba Light Bot akan mengingatkanmu  pada LOGO – Bahasa pemrograman untuk anak-anak. Kamu bisa mencari tahu lebih banyak tentangnya dari halaman web seperti dibawah ini :

LOGO Programming

Atau melompat ke Google. Terdapat banyak hal mengenai LOGO di web.

Upaya Yang Lebih Besar

Lego MindstormsSatu hal lagi yang anakku sangat menikmatinya adalah Lego Mindstorms. Ini adalah seperangkat Lego robot. Saya melihat anak-anak seusia enam atau tujuh tahun membuat program yang berarti dengannya. Ia menggunakan bahasa grafis yang mudah dipahami. Jika kamu tidak keberatan menghabiskan $200, maka sudah pasti hal ini layak dilihat. Jika anak kamu sangat menyukainya, kamu mungkin harus melihat juga FIRST Lego League (Tim FLL membangun robot Mindstorms, bekerja pada presentasi, dll). Satu dari anakku telah menjadi tim FLL untuk beberapa tahun dan itu sangat bagus untuknya.

Yang bagus mengenai Mindstorms adalah ia mengijikan anak membangun sesuatu yang menarik. Masalahnya, setelah satu atau dua bulan, kamu akan menemukan keterbatasan pada apa yang bisa dilakukan dengannya. [Ya, ada orang-orang di Youtube menunjukkan hal-hal yang menakjubkan, sesuatu yang lebih canggih, tapi saya menduga orang-orang ini jenius]

Seorang teman merekomendasikan sistem pembelajaran untuk simulasi pemrograman robot. Ia gratis:

RoboMind

Upaya lebih besar seperti ini adalah  Phrogram, dahulu dikenal sebagai Kids Programming Language. KPL memiliki keuntungan besar mengingat ia gratis dan sangat menakjubkan.

Ia datang dengan lusinan contoh program dan bisa melakukan hal yang simpel dan komplek (sebagai contoh, mesin pinball yang sangat bagus adalah salah satu contohnya). Tapi untuk suatu alasan mereka mematikan KPL dan bermetamorfosis menjadi Phrogram. Phrogram seharga $50, dan saya tidak pernah mencobanya, tetapi dengan asumsi bahwa itu adalah paket yang serupa dengan KPL mungkin bermanfaat.

Pada halaman ini, seorang ayah berkata tentang upayanya mengajari pemrograman pada anaknya menggunakan alat yang bernama Greenfoot:

Yang sangat menarik. Dia mampu membuat sesuatu yang canggih dengan nya menggunakan teknik berorientasi objek.

Dalam teknik berorientasi objek yang sama terdapat sistem gratis dari MIT disebut Scratch:

Anak-anak saya bermain dengan ini selama beberapa hari.

Jika anak kamu ingin membuat game, ini salah satu pilihan untuk dicoba:

GameMaker adalah alat yang sangat canggih dengan banyak pilihan.  Terdapat tutorial untuk membantu kamu memulainya. Saya tidak akan menggunakan ini untuk “serangan pertama” mungkin , tapi ini sesuatu yang layak dicoba untuk serangan kedua.

Juga terdapat eBook gratis untuk membuat game menggunakan Python dengan pernyataan “ditulis untuk dipahami oleh anak-anak berumur 10 sampai 12 tahun, meskipun ini bagus buat siapapun pada usia berapapun yang tidak pernah memprogram sebelumnya”:

Seorang teman menyarankan bahwa ini bagus untuk perkenalan.

Yang lain menawarkan untuk mencoba yang ini:

Taglinenya adalah: “Codecademy adalah cara termudah untuk belajar bagaimana membuat kode program secara interaktif, menyenangkan, dan Anda dapat melakukannya dengan teman-teman Anda..”

Pemrograman Yang Sebenarnya – Kelas Java dari Stanford’s

Anakku (sekitar 13 tahun) mulai menggunakan kelas java gratis dari Stanford’s dan dia mendapatkan banyak hal darinya. Kelas ini termasuk YouTube lectures dan class assignments   yang memperkuat konsep dengan diskusi di kelas. Lingkungan pemrograman yang digunakan di kelas disebut Eclipse. Eclipse adalah alat untuk membangun dengan banyak fitur disertai debugger yang hebat dan juga gratis. Ini adalah kelas yang diambil oleh anakku.

Introduction to Computer Science | Programming Methodology

dia juga mengambil kelas ini:

CS106A: Programming Methodologies

Anak kamu membutuhkan sedikit dorongan dari orang tuanya (contoh tenggat waktu) untuk menyelesaikan tugas pertamanya, tetapi dengan seiring waktu menuju tugas pemrograman ke #4 (menulis kode program permainan yang disebut “Breakout”) dia sepenuhnya sibuk dan mengembangkan dasar permainan dengan sejumlah aturan tanpa bertanya pada kami. Saya merasa kelas  ini mengajarkannya dasar-dasar untuk menjadi programmer sebenarnya.

Standford memiliki banyak kelas untuk dieksplorasi –  click for list. Penawaran mereka mewakili sumber daya berharga untuk siapa pun yang ingin belajar pemrograman.

Setelah nyaman dengan Java, sesuatu seperti ini mungkin menarik untuk dicoba – dikombinasikan dari Greenfoot dan Java:

Pemrograman yang sesungguhnya – Pemrograman C dan C++

C dan C++ adalah dua bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan di dunia. Terdapat compiler gratis yang siap digunakan dan banyak informasi tutorial bisa ditemukan secara bebas. Ini adalah dua sumber yang bisa membantumu memulainya:

Google adalah temanmu dan bisa membantu menemukan jutaan lainnya.

Belajar menulis aplikasi iPhone dan iPad

Menulis aplikasi untuk iPhone dan iPad bukan untuk pemula, tetapi siswa sekolah menengah dan atas bisa menguasai jika mereka memiliki ketrampilan pemrograman. Dan audien untuk aplikasi ini besar sekali melalui App Store yang dioperasikan Apple. Ini langkah yang kamu butuhkan jika kamu ingin memulainya:

Google bisa membantumu menjawab berbagai pertanyaan atau masalah yang kamu temui saat mempelajarinya.

BASIC Stamp

BASIC StampSaya benar-benar memiliki sedikit keberuntungan saat berumur 10 tahun telah terlibat dalam pemrograman menggunakan alat yang disebut BASIC Stamp. Jadi saya akan manghabiskan sedikit waktu disini untuk menceritakannya. Ia tidak murah, tapi memiliki tiga hal yang bisa dilakukan dengannya:

  1. Ia menggabungkan pemrograman dengan elektronika sederhana.
  2. Pemrograman yang dilakukan cenderung sangat sederhana
  3. Kamu bisa melakukan hal nyata dengannya, atau setidaknya sesuatu yang tampaknya lebih nyata ()You can do real things with it, or at least things that seem realer (untuk anak-anak saya) daripada Mindstorms.

Kami pertama kali diperkenalkan dengan BASIC Stamp ketika kami menemukan perangkat ini di Radio Shack seharaga $90:

Apa itu Kit Microcontroller BASIC Stamp

Kamu juga bisa memesan disini:

BASIC Stamp Activity Kit

Peringatan besar adalah bahwa Anda harus memiliki komputer dengan port serial untuk menggunakannya. Jika Anda tidak memiliki komputer seperti ini (kebanyakan komputer yang dibuat sejak tahun 2005 tidak memiliki port serial), maka Anda perlu versi USB kit seharga $160:

BASIC Stamp Discovery Kit – Serial (With USB Adapter and Cable)

Dan jika Anda akan melakukan itu, saya mungkin menyarankan Anda mempertimbangkan robot kit ini sebagai gantinya, karena harganya sama:

Boe-Bot Robot Kit – Versi USB

Jadi, sudah, Anda dapat melihat bahwa BASIC Stamp tidak sederhana atau murah. Kami khawatir tentang jenis port serial dan kit yang mana harus didapatkan. Dan jika hanya itu pilihan anda, pilih itu.

Tapi kami membeli kit di Radio Shack, dan kami memiliki mesin yang lebih tua dengan port serial, dan kami mendapatkannya mengatur dan melakukan semua pekerjaan dan … di sini adalah apa yang menakjubkan tentang hal itu. Anak saya bisa duduk dengan buku, dengan dirinya sendiri, dan sendiri dia bisa memasang sebuah sirkuit kecil dan menulis potongan-potongan kecil kode dan mendapatkan semuanya bekerja. Program dan elektronik cukup mudah agar anak 10 tahun dapat mengelolanya. Hal ini memang hal-hal sederhana, seperti kabel sampai sebuah tombol dan setelah itu membuat LED berkedip, atau membuat motor servo giliran atau membuat suara keluar dari speaker. Tapi gagasan bahwa anak saya (yang membenci membaca untuk sebagian besar) bisa mendapatkan barang-barang ini bekerja sangat mengesankan. Dan kemudian dia bisa memikirkan pengembangan sendiri. Pengembangan sepele, ya, seperti membuat dua LED berkedip, tetapi itu sebuah pengembangan.

Yang menyenangkan tentang pendekatan ini adalah bahwa Anda dapat membeli karya lain di Parallax.com dan mereka cukup mudah untuk dihubungkan . Salah satu hal pertama yang kita beli adalah modul PIR ($10 ) , yang merupakan jenis yang Anda gunakan dalam alarm pencuri atau cahaya otomatis untuk merasakan hangat tubuh manusia. Kami juga membeli sedikit panel LCD text ($25 ) . Dan dia membangun sebuah perangkat yang bisa menghitung orang-orang saat mereka berjalan melewatinya. Jika Anda memiliki keluarga dengan enam orang , berapa kali mereka menggunakan tangga di rumah? Berapa kali mereka membuka kulkas? Dengan perangkat ini Anda bisa mencari tahu. ( Kulkas sesuatu yang lucu – ia dibuka sekitar 50 kali sehari ! )

Hal berikutnya adalah sensor ultrasonik ($30). Dengan itu dan layar LCD Anda dapat membangun pita pengukur ultrasonik kecil. Mereka memiliki banyak sensor kecil seperti ini yang dapat Anda coba . Kami telah menggunakan accelerometer , termometer , tag RFID reader , dll

Petualangan terbarunya adalah dengan modul GPS ($90) dan USB memory stick reader/writer ($35) , yang digunakan dalam proyek ilmu pengetahuan. Dengan USB memory stick, Anda bisa memasang USB memory stick ( AKA ” thumb drive ” ) kemudian membaca dan menulis file. Sehingga Anda dapat membuat file teks dan mulai dumping data. Kemudian Anda dapat menghubungkan GPS, biarkan mengumpulkan data dan menyimpan data ke dalam memory stick. Dengan itu Anda dapat membuat remah roti ke jalur mana pun Anda pergi. Anda kemudian dapat memasang memory stick ke port USB laptop Anda , memuat data ke dalam spreadsheet dan membuat grafiknya….

GPS Scatter Plot…or you can Taruh data ke google maps seperti dijelaskan disini:

Memetakan Koordinat GPS menggunakan Google Maps

Ternyata, GPS Parallax bukan yang terbaik. Ketika kami pertama kali memasangnya, itu tidak akan pernah mendapatkan kunci pada satelit. Setelah satu jam memeriksa di Google, kami menemukan bahwa Anda harus me-mount GPS sekitar 10 inci dari Stamp (karena kebisingan listrik yang dihasilkan oleh Stamp). Ini akan menjadi indah jika fakta ini telah terungkap dalam dokumentasi Parallax. Tetapi bahkan setelah Anda melakukan itu, perangkat ini bisa mengalami kesulitan mendapatkan kunci kadang-kadang (kita tidak bekerja sama sekali dalam cuaca hujan, misalnya). Ia tidak bekerja di dalam mobil jika Anda meletakkannya di dashboard, tetapi bukan dari interior. [Semua masalah ini akhirnya membawa kita ke sebuah situs yang disebut Sparkfun.com, yang memiliki pilihan yang jauh lebih baik dari modul GPS yang sedikit kurang mudah digunakan.]

Hal ini juga menyebabkan kami mencari bahan di web tentang BASIC Stamp. Ada banyak itu. Misalnya, ada orang-orang membangun pilot otomatis dari Basic Stamps:

Anda dapat menemukan semua jenis hal-hal seperti itu. Kemudian Anda menemukan bahwa ada banyak platform lain yang lebih maju daripada Stamp, seperti misalnya Arduino, TeensyMicrochip PICkit ( lihat buku ini dan juga buku ini),Gumstix, dll

Kesimpulan

Intinya adalah, jika Anda ingin memperkenalkan anak-anak Anda pada pemrograman, ada banyak cara yang berbeda untuk melakukannya. Jika Anda ingin pergi ke jalan ini, Google adalah teman Anda. Sungguh menakjubkan betapa banyak hal di luar sana. Hanya mulai mencari, mencoba hal yang berbeda dengan anak-anak Anda, dan melihat apa yang bekerja untuk Anda. Hal ini dapat sangat menyenangkan.

diterjemahkan secara bebas dari http://marshallbrain.com/kids-programming.htm

Categories: Tips & Trik | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan komentar

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.