Bab 2. Belajar Memprogram [Pemrograman Python Untuk Anak] – bagian 11 { Mengunakan Modul }

Modul digunakan untuk mengelompokkan fungsi, variabel, dan hal-hal lain menjadi sesuatu yang lebih besar, program yang lebih powerful. Beberapa modul sudah built-in di dalam python, dan kamu bisa mendownload modul lainnya secara terpisah. Kamu akan menemukan modul untuk menulis game kamu (seperti tkinter, yang sudah build-in, dan pygame yang terpisah). Modul untuk memanipulasi gambar (seperti PIL, the Python Imaging Library), dan modul untuk menggambar 3 dimensi (seperti Panda3D).

panda3d

Modul juga bisa digunakan untuk semua hal berguna lainnya. Sebagai contoh, jika kamu mendesain game simulasi, dan kamu ingin dunia dalam game berubah serealistis mungkin, kamu bisa menghitung tanggal dan waktu saat ini menggunkan modul built-in yang bernama time:

>>> import time;

Disini, perintah import digunakan untuk memberitahu python bahwa kita ingin menggunakan modul time. Kita kemudian dapat memanggil fungsi yang tersedia di modul ini, menggunakan simbol dot. (Ingat kita menggunakan fungsi seperti saat bekerja dengan modul turtle di bab sebelumnya seperti t.forward(50) ). Sebagai contoh, disini adalah bagaimana caranya kita memanggil fungsi asctime dalam modul time :

>>> print(time.asctime())
'Mon Nov 5 12:40:27 2012'

Fungsi asctime adalah bagian dari modul time yang mengembalikan tanggal dan waktu saat ini, sebagai string.

Sekarang anggap kamu ingin meminta seseorang yang menggunakan program kamu untuk memasukkan sebuah nilai, mungkin tanggal lahirnya, atau umurnya. Kamu bisa melakukan ini dengan pernyataan print, untuk menampilkan pesan, dan modul sys (kependekan dari system), yang berisi utilitas untuk berinteraksi dengan sistem python itu sendiri. Pertama kita mengimport modul sys:

jam pasir

>>> import sys;

didalam modul sys adalah modul khusus yang disebut stdin (kependekan dari standard input), yang menyediakan fungsi yang sangat berguna disebut readline. Fungsi readline digunakan untuk membaca satu baris teks yang diketikkan pada keyboard sampai kamu menekan tombol enter. (Kita akan melihat bagaimana objek bekerja pada bab berikutnya). Untuk mengetes readline, masukkan kode ini di shell python:

>>> import sys
>>> print(sys.stdin.readline())

Jika kamu kemudian mengetikkan beberapa kata kemudian menekan enter, kata-kata itu kemudian akan dicetak ke layar. Pikirkan kembali kode yang kita tulis di bab sebelumnya, menggunakan pernyataan if :

>>> if age >= 10 and age <= 13:
        print('What is 13 + 49 + 84 + 155 + 97? A headache!')
else:
        print('Huh?')

Dari pada membuat variabel age dan memberikan nilai tertentu sebelum pernyataan if, sekarang kita bisa meminta seseorang untuk memasukkan nilainya. Tapi pertama, mari kita taruh kode tersebut dalam sebuah fungsi:

>>> def silly_age_joke(age):
        if age >= 10 and age <= 13:
                print('What is 13 + 49 + 84 + 155 + 97? A headache!')
        else:
                print('Huh?')

Sekarang kamu bisa memanggil fungsi itu dengan mengetikkan namanya, kemudian beritahu angka berapa yang akan digunakan dengan memasukkan nilainya didalam tanda kurung. Apakah ini berfungsi?

>>> silly_age_joke(9)
Huh?
>>> silly_age_joke(10)
What is 13 + 49 + 84 + 155 + 97? A headache!

Berhasil! Sekarang mari kita membuat fungsi yang menanyakan umur seseorang. (Kamu bisa menambahkan atau mengubah fungsinya sebanyak yang kamu mau.)

>>> def silly_age_joke():
         print('How old are you?')
         age = int(sys.stdin.readline())
         if age >= 10 and age <= 13:
              print('What is 13 + 49 + 84 + 155 + 97? A headache!')
         else:
              print('Huh?')

Apakah kamu memperhatikan fungsi int didalamnya, yang mengubah string menjadi angka? Kita memasukkan fungsi itu karena fungsi readline() apapun yang diketikkan seseorang sebagai string, tapi kita membutuhkan angka sehingga kita bisa membandingkannya dengan angka 10 dan angka 13. Untuk mencobanya sendiri, panggil fungsi itu tanpa parameter, dan kemudian ketikkan angka berapa umurmu sekarang? Seperti dibawah ini :

>>> silly_age_joke()
How old are you?
10
What is 13 + 49 + 84 + 155 + 97? A headache!
>>> silly_age_joke()
How old are you?
15
Huh?

Apa Yang Telah Kamu Pelajari

Dalam bab ini kamu telah mempelajari bagaimana membuat potongan kode yang bisa digunakan kembali dalam python dengan fungsi dan bagaimana menggunakan fungsi yang disediakan oleh modul. Kamu belajar bagaimana lingkup kontrol variabel apakah mereka bisa dilihat didalam atau diluar fungsi, dan bagaimana membuat fungsi menggukanan kata kunci def. Kamu juga menemukan cara bagaimana mengimport modul sehingga kamu bisa menggunkan isinya.

Iklan
Categories: Buku Komputer, Pemrograman Komputer, Python | Tag: | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: