Bab 2. Belajar Memprogram [Pemrograman Python Untuk Anak] – bagian 7 { Modul Turtles dan Kanvas }

2.4. Menggambar dengan Turtles

Turtle (Kura-kura) di Python adalah semacam kura-kura di dunia nyata. Kita tahu kura-kura sebagai reptil yang bergerak di sekitar dengan sangat lambat dan membawa rumah di punggungnya. Dalam dunia Python, kura-kura adalah panah hitam kecil,  yang bergerak perlahan-lahan di sekitar layar. Sebenarnya, mengingat bahwa kura-kura Python meninggalkan jejak ketika bergerak di sekitar layar, itu sebenarnya kurang mirip dengan kura-kura dan lebih seperti siput.

Turtle merupakan cara yang baik untuk mempelajari beberapa dasar-dasar komputer grafis, maka dalam bab ini, kita akan menggunakan turtle Python untuk menarik beberapa bentuk grafis dan garis sederhana.

Menggunakan modul turtle pada Python

Sebuah modul dalam Python adalah cara memberikan kode yang berguna untuk digunakan kembali oleh program lain (antara lain, modul dapat berisi fungsi yang bisa kita gunakan). Kita akan belajar lebih banyak tentang modul dalam Bab 7. Python memiliki modul khusus yang disebut turtle yang bisa kita gunakan untuk belajar bagaimana komputer menggambar di layar. Modul turtle adalah cara untuk memprogram gambar vektor, yang pada dasarnya hanya menggambar dengan garis-garis sederhana, titik, dan kurva.

Fig 2.4.1. modul turtle pythonMari kita lihat bagaimana turtle bekerja. Pertama buka shell Python dengan mengeklik ikonnya di desktop (atau jika kamu menggunakan Ubuntu, pilih Applications > Programming > IDLE). Kemudian beritahu Python untuk menggunakan turtle dengan mengimport modul turtle, seperti berikut ini :

>>> import turtle

Mengimpor sebuah modul memberitahu Python bahwa kamu ingin menggunakannya.

Catatan :

Jika kamu menggunakan Ubuntu dan kamu mendapatkan error pada saat ini, kamu mungkin perlu untuk menginstall tkinter. Untuk melakukannya, buka Ubuntu Software Center dan ketik python-tk dalam box pencarian. “Tkinter – Writing TK Applications with Python” seharusnya tampil di window. Klik Install untuk menginstal paket ini.

Membuat sebuah Kanvas

Sekarang kita telah mengimpor modul turtle, kita harus membuat sebuah kanvas — Ruang kosong untuk menggambar, seperti kanvas seorang seniman. Untuk melakukkannya, kita memanggil fungsi Pen dari modul turtle, yang secara otomatis membuat sebuah kanvas. Masukkan ini ke shell Pyhton :

>>> t = turtle.Pen()

Kamu seharusnya akan melihat kotak kosong (kanvas), dengan anak panah di tengah, seperti ini :

Fig 2.4.2. kanvas pada turtle python

Anak panah di tengah layar adalah turtle (kura-kura), dan kamu benar — ia tidak mirip kura-kura. Jika jendela Turtle tampil dibelakan jendela shell Python, kamu akan menemukan tampaknya ia tidak akan bekerja dengan benar. Ketika kamu meletakkan kursor mouse di atas jendela Turtle, kursor itu akan berubah menjadi jam pasir seperti ini :

Fig 2.4.3. kanvas pada turtle python tidak bekerja dengan benar

Ini bisa terjadi kareana beberapa alasan: kamu tidak memulai shell dari icon di desktop (Jika kamu menggunakan Windows atau Mac), kamu mengeklik IDLE (GUI Python) di start menu windows, atau IDLE tidak terinstal dengan benar. Cobalah untuk keluar dan merestart shell dari ikon pada desktop. Jika itu juga gagal, cobalah gunakan consol Python dari pada menggunakan shell, seperti berikut ini:

  • Di Windows, pilih Start > All Programs, dan dalam group Python 3.2, klik Python (command line).
  • Di Mac OS X, klik ikon Spotlight pada pojok kanan atas di layar dan masukkan Terminal di kotak input. Kemudian masukkan python ketika terminal telah terbuka.
  • Di Ubuntu, buka terminal dari menu Applications kamu dan masukkan python.

Menggerakkan Kura-Kura (Turtle)

Kamu mengirim instruksi ke turtle dengan menggunakan fungsi yang tersedia pada variabel t yang baru saja kita buat, sama seperti menggunakan fungsi pen di modul turtle. Sebagai contoh instruksi forward memberitahu turtle untuk maju kedepan. Untuk memberitahu turtle agar maju sejauh 50 pixel, masukkan perintah berikut :

Fig 2.4.4. moving turtle

t.forward(50)

Kamu seharusnya melihat sesuatu seperti ini :

Fig 2.4.5. moving turtle execution

Kura-kura telah maju sejauh 50 piksel. Piksel adalah satu titik di layar – elemen terkecil yang bisa ditampilkan. Segala sesuatu yang kamu lihat di monitor terbuat dari piksel, titik segiempat yang sangat kecil. Jika kamu bisa memperbesarnya di kanvas dan garis yang digambar oleh kura-kura, kamu akan bisa melihat anak panah yang mewakili perjalanan kura-kura adalah sekelompok piksel. Itu adalah grafis komputer sederhana.

Fig 2.4.6. turtle piksel

Sekarang kita akan memberitahu kura-kura untuk berbelok ke kiri 90 derajat dengan perintah berikut:

t.left(90)

Jika kamu belum belajar tentang derajat, ini adalah bagaimana memahami tentang mereka. Bayangkan kamu sedang berdiri di tengah sebuah lingkaran.

  • arah kamu menghadap adalah 0 derajat.
  • jika kamu mengulurkan tangan kiri kamu, itu adalah 90 derajat ke kiri.
  • jika kamu mengulurkan tangan kanan kamu, itu adalah 90 derajat ke kanan.

Kamu bisa melihat 90 derajat ini berputar ke kiri atau ke kanan disini:

Fig 2.4.7.putaran 90 derajat

Jika kamu terus mengelilingi lingkaran ke kanan dari mana lengan kanan menunjuk, 180 derajat adalah tepat di belakang Anda, 270 derajat adalah arah lengan kiri menunjuk, dan 360 derajat kembali di mana Anda mulai, derajat pergi dari 0-360. Derajat dalam lingkaran penuh, saat memutar ke kanan, dapat dilihat di sini secara bertahap 45 derajat:

Fig 2.4.8.derajat dalam kelipatan 45 derajat

Ketika kura-kura Python berbelok ke kiri, ia memutar ke arah yang baru (sama seperti jika Anda berbalik arah ke arah lengan kamu yang menunjuk 90 derajat ke kiri).

Perintah t.left (90)  membuat anak panah menunjuk ke atas (sejak anak panah itu dimulai dengan menunjuk ke kanan):

Fig 2.4.9.memutar 90 derajat ke kanan

Catatan:

Ketika kamu memanggil t.left (90), itu sama seperti memanggil t.right (270). Hal ini juga berlaku untuk memanggil t.right (90), yang sama dengan t.left (270). Bayangkan saja lingkaran itu dan ikuti bersama dengan derajat.

Sekarang kita akan menggambar persegi. Tambahkan kode berikut ke baris yang telah kamu ketikkan:

>>> t.forward(50)
>>> t.left(90)
>>> t.forward(50)
>>> t.left(90)
>>> t.forward(50)
>>> t.left(90)

Kura-kura kamu seharusnya menggambar persegi dan sekarang harus menghadap ke arah yang sama ketika itu dimulai:

Fig 2.4.10.menggambar persegi dengan turtle

Untuk menghapus kanvas, masukkan reset. Ini membersihkan kanvas dan menempatkan kura-kura kembali pada posisi awal.

>>> t.reset()

Kamu juga bisa menggunakan clear, yang hanya membersihkan layar dan membiarkan kura-kura tetap pada posisi terakhirnya.

>>> t.clear()

Kita juga dapat membuat kura-kura memutar ke kanan atau bergerak ke belakang. Kita dapat menggunakan up untuk mengangkat pena dari halaman (dengan kata lain, memberitahu kura-kura untuk berhenti menggambar), dan down untuk memulai menggambar lagi. Fungsi-fungsi ini ditulis dengan cara yang sama seperti yang lain yang telah kita gunakan.

Mari kita coba menggambar lainnya menggunakan beberapa perintah ini. Kali ini, kita akan meminta kura-kura menggambar dua garis. Masukkan kode berikut:

>>> t.reset()
>>> t.backward(100)
>>> t.up()
>>> t.right(90)
>>> t.forward(20)
>>> t.left(90)
>>> t.down()
>>> t.forward(100)

Pertama, kita menghapus ulang kanvas dan memindahkan kura-kura kembali ke posisi awal dengan t.reset(). Selanjutnya, kita meminta kura-kura bergerak mundur 100 piksel dengan t.backward (100), dan kemudian menggunakan t.up() untuk mengambil pena dan berhenti menggambar.

Fig 2.4.11.menarik pena kura-kura keatas

Kemudian, dengan perintah t.right(90), kita memutar kura-kura ke kanan 90 derajat untuk menunjuk ke bawah, ke arah bawah layar, dan dengan t.forward (20), kita bergerak maju 20 piksel. Tidak ada yang ditarik karena penggunaan perintah pada baris ketiga. Kami memutar ke kiri 90 derajat untuk menghadap ke kanan dengan perintah t.left (90), dan kemudian dengan perintah down, kami memberitahu kura-kura untuk menempatkan pena kembali dan mulai menggambar lagi. Akhirnya, kita menarik garis ke depan, sejajar dengan baris pertama yang kita buat, dengan t.forward (100). Dua garis paralel telah kita buat akhir tampak seperti ini:

Fig 2.4.12.menggambar 2 garis sejajar dengan turtle

Apa Yang Telah Kamu Pelajari

Dalam bab ini, kamu belajar bagaimana menggunakan modul turtle Python. Kami menggambar beberapa garis sederhana, menggunakan secara bergantian perintah left dan right dan forward dan backward. Anda menemukan cara untuk menghentikan penyu dari gambar menggunakan up, dan mulai menggambar lagi dengan down. Anda juga menemukan bahwa kura-kura memutar menurut derajat putaran.

Teka-teki Pemrograman

Cobalah menggambah beberapa dari bentuk berikut ini dengan turtle.

#1. Persegi Panjang

Buat kanvas baru menggunakan fungsi Pen dari modul turtle dan kemudian menggambar persegi panjang.

#2. Segitiga

Buat kanvas lain, dan kali ini, menggambar segitiga. Lihat kembali diagram lingkaran dengan derajat  untuk mengingatkan diri sendiri ke arah mana kura-kura harus memutar menggunakan derajat.

#3.  Kotak tanpa sudut

Menulis sebuah program untuk menggambar empat baris yang ditampilkan di sini (ukuran tidak penting, hanya bentuk):

Fig 2.4.13.menggambar kotak tanpa sudut dengan turtle

Iklan
Categories: Pemrograman Komputer, Python | Tag: | 1 Komentar

Navigasi pos

One thought on “Bab 2. Belajar Memprogram [Pemrograman Python Untuk Anak] – bagian 7 { Modul Turtles dan Kanvas }

  1. edwin

    dimana tempat jika kita harus memanggil tkinter….soalnya sya sdh coba sesuai intruksi g brhasil…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: