Pemrograman Python Untuk Anak

Kali ini saya ingin mencoba membahas sebuah buku yang saya temukan berjudul Python for kids, a playful introduction to programming. Sebelumnya saya sempat mereview sebentar dengan membaca dan mempraktikkan apa yang di ajarkan di buku tersebut. Menurut saya buku ini bisa dijadikan sebagai awal yang tepat bagi seorang anak untuk belajar pemrograman.

Tujuan saya membahas buku ini disini, sebelumnya adalah untuk mendokumentasikan apa yang sudah saya pelajari dari buku tersebut untuk kemudian akan saya ajarkan kepada anak saya nantinya. Untuk mendapatkan manfaat yang lebih besar lagi, saya memutuskan untuk mendokumentasikannya ke dalam blog ini, mudah-mudahan pembaca dapat mengambil manfaat dari apa yang sudah saya pelajari dan sampaikan.

python for kid

Sesuai dengan isi buku tersebut kita akan membahasnya bagian demi bagian yang akan dikelompokkan sebagai berikut :

Bab 1. Pengantar

  1. Mengapa Python ?
  2. Bagaimana cara belajar memprogram
  3. Siapa yang seharusnya membaca buku ini

Bab 2. Belajar Memprogram

  1. Tidak semua ular merayap
  2. Perhitungan dan variabel
  3. Strings, Lists, Tuples, dan Maps
  4. Menggambar dengan Turtles
  5. Bertanya dengan If dan Else
  6. Perulangan
  7. Bagaimana menggunakan Class dan Objek
  8. Fungsi bawaan Python
  9. Modul python yang penting
  10. Lebih banyak lagi Grafis dengan Turtle
  11. Menggunakan tkinter untuk grafis yang lebih baik

Bab 3. Membuat Game Bounce

  1. Memulai game pertamamu, Bounce
  2. Menyelesaikan game pertamamu, Bounce

Bab 4. Membuat Game Mr. Stick Man Races for Exit

  1. Membuat grafis untuk game Mr. Stick Man Races for exit
  2. Membangun game Mr. Stick Man Races for exit
  3. Membuat game Mr. Stick Man
  4. Menyelesaikan game Mr. Stick Man Races for exit

Bab 5. Langkah Berikutnya

  1. Pemrograman game dan grafis
  2. Bahasa pemrograman lainnya
Categories: Buku Komputer, Pemrograman Komputer, Python | Tag: | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

