Bab 2. Belajar Memprogram [Pemrograman Python Untuk Anak] – bagian 1

Bab 2. Belajar Memprogram

2.1. Tidak Semua Ular Merayap

Program komputer adalah sekumpulan instruksi yang menyebabkan komputer melakukan beberapa jenis tindakan. Ia bukan bagian fisik dari komputer – seperti kabel, microchips, cards, harddisk, dan sebagainya – tetapi sesuatu yang tersembunyi dan berjalan pada hardware tersebut. Program komputer, yang selanjutnya saya sebut program saja, adalah sekumpulan perintah yang memberitahu hardware apa yang harus dilakukannya. Software adalah sekumpulan program komputer.

Tanpa program komputer , hampir setiap perangkat yang Anda gunakan sehari-hari akan berhenti bekerja atau menjadi tidak berguna. Program komputer, dalam satu bentuk atau yang lain, mengendalikan tidak hanya komputer pribadi tetapi juga sistem video game, ponsel, dan unit GPS di mobil. Software juga mengontrol TV LCD dan pengendali jarak jauh mereka, serta beberapa radio terbaru, pemutar DVD, oven,  dan beberapa lemari es. Bahkan mesin mobil, lampu lalu lintas, lampu jalan, sinyal kereta api, billboard elektronik, dan elevator dikendalikan oleh program.

Program bekerja seperti pikiran. Jika Anda tidak memiliki pikiran, Anda mungkin hanya akan duduk di lantai, menatap kosong dan berliur di bagian depan kemeja Anda. Anda berpikir “bangun dari lantai ” adalah instruksi, atau perintah, yang memberitahu tubuh Anda untuk berdiri. Dengan cara yang sama , program komputer memberitahu komputer apa yang harus dilakukan.

Jika Anda tahu bagaimana menulis program komputer, Anda dapat melakukan segala macam hal yang berguna. Tentu, Anda mungkin tidak dapat menulis program untuk control mobil, lampu lalu lintas, atau kulkas Anda ( ya , setidaknya tidak pada awalnya ), tetapi Anda bisa membuat halaman web, menulis permainan Anda sendiri, atau bahkan membuat sebuah program untuk membantu dengan pekerjaan rumah Anda.

Sekilas kata Tentang Bahasa

Seperti halnya manusia, komputer menggunakan beberapa bahasa untuk berkomunikasi-dalam hal ini, bahasa pemrograman. Sebuah bahasa pemrograman hanyalah sebuah cara tertentu untuk berbicara dengan komputer – cara untuk menggunakan petunjuk yang manusia dan komputer dapat mengerti.

Ada bahasa pemrograman dinamai dengan nama orang (seperti Ada dan Pascal), ada juga yang diberi nama menggunakan akronim sederhana (seperti BASIC dan FORTRAN), dan bahkan beberapa dinamai acara TV, seperti Python. Ya, bahasa pemrograman Python dinamai seperti Flying Circus acara TV Monty Python, tidak setelah ular python.

CATATAN
Monty Python Flying Circus adalah komedi Inggris yang menunjukkan alternatif siaran pertama pada tahun 1970, dan tetap sangat populer saat ini di kalangan khalayak tertentu. Acara ini memiliki sketsa seperti“The Ministry of Silly Walks,” “The Fish-Slapping Dance,” dan “The Cheese Shop” (yang tidak menjual keju).

Beberapa hal tentang bahasa pemrograman Python membuatnya sangat berguna untuk pemula. Yang paling penting, Anda dapat menggunakan Python untuk menulis program sederhana dan efisien dengan sangat cepat. Python tidak memiliki banyak simbol yang rumit, seperti kawat gigi ({}), hash (#), dan tanda-tanda dolar ($), yang membuat bahasa pemrograman lain jauh lebih sulit untuk dibaca dan, oleh karena itu, jauh lebih ramah untuk pemula.

Menginstal Python

Instalasi Python cukup mudah. Di sini, kita akan menuju ke langkah-langkah untuk menginstal pada Windows 7, Mac OS X, dan Ubuntu. Ketika menginstal Python, Anda juga akan menyiapkan shortcut untuk program IDLE, yang merupakan Integrated Development Environment yang memungkinkan Anda menulis program menggunakan Python.

Menginstal Python di Windows 7

Untuk menginstal Python untuk Microsoft Windows 7, arahkan browser web ke http://www.python.org/ dan download versi terbaru Windows installer untuk Python 3. Carilah bagian dalam menu berjudul Quick Links, seperti yang ditunjukkan di sini:

Web Python- download installer windows

Catatan

Versi tepatnya Python yang Anda download tidak penting, asalkan dimulai dengan angka 3.

Setelah Anda men-download installer Windows, klik dua kali ikonnya, kemudian ikuti petunjuk untuk menginstal Python di lokasi default, sebagai berikut:

  1. Pilih Install for All Users, dan kemudian klik Next.
  2. Biarkan direktori default tidak diubah, tetapi catat nama direktori instalasi (mungkin C:\Python31 or C:\Python32). Klik Next.
  3. Abaikan bagian kustomisasi instalasi Python, dan klik Next.

Pada akhir proses ini, Anda seharusnya memiliki 3 entri Python dalam menu Start Anda.

shortcut python di menu start windows

Menginstal Python di Mac OSX

Jika Anda menggunakan Mac, Anda harus mencari versi Python yang telah terinstal, tapi itu mungkin versi lama. Untuk memastikan bahwa Anda menjalankan versi terbaru, arahkan browser Anda ke http://www.python.org/getit/ untuk men-download installer terbaru untuk Mac.

Ada dua installer yang berbeda. Yang Anda harus download tergantung pada versi Mac OS X yang telah Anda instal. (Untuk mengetahui, klik ikon Apple di menu bar atas, dan pilih About this Mac.) Pilih sebuah installer sebagai berikut:

  1. Jika kamu menggunakan Mac OS X versi antara 10.3 dan 10.6, download versi 32-bit dari Python 3 untuk i386/PPC.
  2. Jika kamu menggunakan Mac OS X versi 10.6 keatar, download versi 64-bit/32-bit dari Python 3 untuk x86-64.

Setelah file didownload (akan memiliki ekstensi nama file. Dmg), klik dua kali. Anda akan melihat jendela yang menampilkan isi file.

isi file python dot  dmg mac

Dalam jendela ini, klik dua kali Python.mpkg, dan kemudian ikuti petunjuk untuk menginstal perangkat lunak. Anda akan diminta untuk sandi administrator untuk Mac Anda sebelum menginstal Python. (Tidak memiliki password administrator? Orangtua Anda mungkin perlu memasukkannya.)

Selanjutnya, Anda perlu menambahkan script pada desktop untuk meluncurkan aplikasi IDLE Python, sebagai berikut:

  • Klik ikon Spotlight, kaca pembesar kecil di sudut kanan atas layar.
  • Pada kotak yang muncul, masukkan Automator.
  • Klik aplikasi yang terlihat seperti robot ketika muncul dalam menu. Ini akan ada di bagian berlabel Hit Top atau Aplikasi.
  • Setelah Automator dimulai, pilih Aplikasi template:

menjalankan python di mac

  • Pilih Choose untuk melanjutkan.
  • Dalam daftar tindakan, cari Run Shell Script, dan tarik ke panel kosong di sebelah kanan. Anda akan melihat sesuatu seperti ini:

menjalankan python di mac2

  • Dalam kotak teks, Anda akan melihat kata cat. Pilih kata tersebut dan ganti dengan teks berikut (semuanya dari open hingga -n):

open -a “/Applications/Python 3.2/IDLE.app” –args -n

Anda mungkin perlu mengubah direktori tergantung pada versi Python yang Anda instal.

  • Pilih File ▸ Save, dan masukkan IDLE sebagai namanya.
  • Pilih Desktop dari dialog Where, dan kemudian klik Save.

Menginstal Python di Ubuntu

Python telah terinstal pada distribusi Linux Ubuntu, tapi mungkin versi lama. Ikuti langkah-langkah untuk menginstal Python 3 di Ubuntu 12.x:

  1. Klik tombol Ubuntu Software Center di Sidebar (itu adalah ikon yang terlihat seperti tas-oranye jika Anda tidak melihatnya, Anda selalu dapat mengklik ikon Dash Home dan masukkan Software dalam dialog).
  2. Masukkan Python di kotak pencarian di pojok kanan atas Software Center.
  3. Dalam daftar software yang disajikan, pilih versi terbaru dari IDLE, yang IDLE (Python menggunakan 3,2) dalam contoh ini:
  4. Klik Install.
  5. Masukkan password administrator Anda untuk menginstal perangkat lunak, dan kemudian klik Authenticate. (Tidak memiliki password administrator? Orangtua Anda mungkin perlu memasukkannya.)

ubuntu software center

CATATAN
Pada beberapa versi Ubuntu Anda mungkin hanya melihat Python (v3.2) di menu utama (bukan IDLE)-Anda dapat menginstal ini sebagai gantinya.

Setelah Menginstal Python

setelah menginstal python

Anda sekarang seharusnya memiliki ikon pada Windows atau Mac X OS desktop berlabel IDLE. Jika Anda menggunakan Ubuntu, dalam menu Aplikasi, Anda akan melihat sebuah kelompok baru bernama Programming dengan aplikasi IDLE (Python menggunakan 3.2) (atau versi yang lebih baru).

Klik dua kali ikon atau memilih opsi menu, dan Anda akan melihat jendela ini:

python iddle

Ini adalah Python shell, yang merupakan bagian dari lingkungan pengembangan terpadu Python. Tiga tanda yang lebih besar daripada (>>>) disebut prompt.
Mari kita masukkan beberapa perintah pada prompt, dimulai dengan:

print("Hello World")

Pastikan untuk menyertakan tanda kutip ganda (” “). Tekan enter pada keyboard Anda ketika Anda selesai mengetik. Jika Anda telah memasukkan perintah dengan benar, Anda akan melihat sesuatu seperti ini:

>>> print("Hello World")
Hello World
>>>

Prompt seharusnya muncul kembali untuk membiarkan Anda tahu bahwa shell Python siap menerima perintah lagi.

Selamat! Anda baru saja menciptakan program Python pertama Anda. Kata cetak adalah jenis Python perintah yang disebut fungsi, dan ia akan mencetak apa yang ada di dalam kurung ke layar. Pada intinya, Anda telah memberikan komputer instruksi untuk menampilkan kata-kata “Hello World” – sebuah instruksi bahwa Anda dan komputer dapat mengerti.

Iklan
Categories: Buku Komputer, Pemrograman Komputer, Python | Tag: | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: