Bab 1. Pengantar [Pemrograman Python Untuk Anak]

Bab 1. Pengantar

Mengapa belajar pemrograman komputer?

Pemrograman mengasah kreativitas, berpikir, dan memecahkan masalah. Programmer memiliki kesempatan untuk membuat sesuatu dari awal, menggunakan logika untuk membangun program menjadi sesuatu yang bisa dijalankan komputer, dan ketika ada yang tidak bekerja sesuai harapan, menggunakan pemecahan masalah untuk menemukan apa yang salah. Memprogram adalah aktifitas yang sangat menyenangkan, kadang menantang (dan kadang-kadang bikin frustasi), dan keterampilan yang didapat saat mempelajarinya bisa digunakan di sekolah maupun di tempat kerja … bahkan ketika karir kamu tidak berhubungan dengan komputer.

1.1. Mengapa Python?

Python adalah bahasa pemrograman yang mudah dipelajari dan memiliki banyak fitur yang berguna bagi pemula. Kode programnya lebih mudah dibaca dibandingkan bahasa pemrograman lainnya, dan ia memiliki shell interaktif yang mana kamu bisa memasukkan program kamu dan melihat hasilnya. Python memiliki beberapa fitur yang sangat meningkatkan proses belajar dan mengijinkan kamu menaruh animasi sederhana kamu untuk membuat game kamu sendiri. Satu diantaranya adalah modul turtle, terinspirasi dari turtle graphics (digunakan oleh bahasa pemrograman Logo di tahun 1960-an) dan didesain untuk digunakan dalam pembelajaran.  Modul lainnya adalah tkinter, interface untuk Tk GUI toolkit, yang menyediakan cara mudah untuk membuat program dengan lebih banyak grafis dan animasi.

1.2. Bagaimana Cara Belajar Memprogram?

Seperti halnya lainnya saat kamu mencoba pertama kali, selalu lebih baik memulainya dari dasar, jadi mulailah dari bab pertama dan menahan diri untuk melewatinya langsung menuju bab berikutnya. Tidak ada seorangpun bisa memainkan orkestra simfony saat ia pertama kali memegang instrumen. Siswa penerbangan tidak akan menerbangkan pesawat sebelum ia memahami kontrol dasar.  Jika kamu melompatinya terlalu cepat, tidak hanya ide dasarnya tidak akan kamu pahami, tetapi kamu juga akan mendapati konten bab selanjutnya akan lebih rumit dari yang seharusnya.

Ketika kamu menjelajahi buku ini, cobalah setiap contohnya, sehingga kamu bisa melihat bagaimana dia bekerja. Terdapat juga teka-teki pemrograman yang bisa kamu coba disetiap akhir bab, yang bisa membantumu melakukan improvisasi dalam memprogram. Ingatlah semakin baik kamu memahami konsep dasarnya, akan lebih mudah memahami ide yang lebih rumit lagi nantinya.

Ketika kamu menemukan sesuatu yang membuat frustasi atau terlalu menantang, hal-hal berikut ini menurut saya bisa membantu :

  1. Pecahkan masalah menjadi bagian-bagian kecil. Cobalah memahami apa yang dilakukan bagian kecil kode program itu, atau pikirkan hanya bagian kecil dari ide yang sulit (fokus pada bagian kecil kode program untuk difahami dari pada keseluruhan).
  2. Jika hal diatas tidak membantu, terkadang yang terbaik adalah meninggalkannya sementara. Tidur dan kembali mencobanya di lain hari. Ini adalah cara yang bagus untuk menyelesaikan banyak masalah, dan ini khususnya sangat berguna bagi programmer komputer.

1.3. Siapa Yang Seharunya Membaca Buku Ini

Buku ini adalah untuk siapa saja yang tertarik pada pemrograman komputer. Untuk anak-anak ataupun dewasa yang belajar pemrograman pertama kali. Jika kamu ingin menulis program kamu sendiri daripada menggunakan program yang ditulis oleh orang lain, Python untuk anak adalah tempat yang tepat untuk memulai.

Di bab berikutnya kamu akan menemukan cara menginstal python, memulai shell python, dan memprogram perhitungan dasar, mencetak teks di layar, dan membuat lists, dan melakukan kontrol sederhana menggunakan pernyataan if dan else, dan melakukan perulangan dengan for. Kamu akan belajar bagaimana menggunakan ulang kode program dengan function, dasar class dan object, dan gambaran beberapa fungsi dan modul bawaan python.

Ketika kamu sudah menguasai pengetahuan dasar dalam pemrograman python, kamu akan belajar untuk membuat game kamu sendiri. Kamu akan mebuat dua game kamu sendiri dan belajar mengenai deteksi tabrakan, events, dan teknik animasi yang berbeda.

Kebanyakan contoh dari buku ini menggunakan shell Python’s IDLE (Lingkungan Pemrograman Terintegrasi). IDLE menyediakan pewarnaan sintaks, fungsionalitas copy dan paste (seperti yang kamu gunakan di aplikasi lainnya), dan jendela editor yang bisa menyimpan kode program kamu untuk digunakan kembali nanti. Pewarnaan sintaks IDLE dan lingkungan pemrograman yang mudah bisa membantu memahami kode program, jadi pada bab awal berikutnya akan menunjukkan padamu bagaimana mengaturnya.

Iklan
Categories: Buku Komputer, Pemrograman Komputer, Python | Tag: | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: